Home Forum Metodelogi Penelitian Penjelasan dan Pengertian Metode Penelitian

Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan terakhir diperbarui oleh  asepx 8 bulan, 1 minggu yang lalu.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #2525

    asepx
    Peserta

    Pemahaman Cara riset ialah langkah yang dipunyai serta dikerjakan oleh periset dalam rencana untuk kumpulkan info atau data dan lakukan penyelidikan pada data yang sudah didapat itu. Cara riset memberi deskripsi perancangan riset yang mencakup diantaranya: mekanisme serta beberapa langkah yang perlu ditempuh, waktu riset, sumber data, serta dengan langkah apa data-data itu didapat serta setelah itu diproses serta dikaji.

    Dalam bahasan kesempatan ini, pertama kali kami coba menerangkan terlebih dulu arah riset, pemahaman mengenai cara satu riset terhitung pemahaman cara riset menurut beberapa pakar/ahli. Serta yang paling akhir ialah kita terangkan contoh cara dari riset. Tujuannya adalah jika bahasan kesempatan ini akan memberi pandangan yang mendalam mengenai riset. Serta setelah itu akan kami terangkan beberapa macam cara mengenai riset dengan terinci.

    Mudah-mudahan keterangan kami di sini bisa memberi jawaban buat beberapa mahasiswa yang perlu referensi untuk pekerjaan pada akhirnya, baik dalam pengerjaan skripsi, tesis atau disertasi.
    Arah Riset

    Dimana kita tahu bersama dengan, jika mustahil seorang periset susah-susah untuk lakukan riset, bila selanjutnya hasil penelitiannya itu tidak berguna benar-benar. Karena itu penting sangkanya kita mengerti terlebih dulu arah riset.

    Arah riset oleh statistikian dibagi dalam tiga tipe arah riset. Yakni diantaranya kami terangkan seperti berikut ini:
    Arah Riset Dengan Biasa

    Arah riset pada umumnya ialah berikut ini:

    Untuk mendapatkan pengetahuan atau penemuan baru.
    Untuk menunjukkan atau mengetes kebenaran dari pengetahuan yang telah ada.
    Untuk meningkatkan pengetahuan yang telah ada.

    Arah Riset Dengan Teoritis

    Dengan teoritis, arah riset adalah usaha yang dikerjakan untuk tahu satu hal. Pengetahuan yang didapat dari tipe riset semacam ini tidak bisa digunakan dengan cara langsung atau dengan praktis. Hingga nama lain dari riset semacam ini dikatakan sebagai basic research.
    Arah Riset Dengan Praktis

    Sedang dengan praktis, arah riset ini adalah cari dan temukan pengetahuan yang bisa digunakan langsung di kehidupan. Riset tipe ini disebutkan dengan applied research.

    Menurut beberapa pakar, tidak hanya arah praktis di atas, masih ada banyak arah riset praktis yang lain yakni diantaranya berikut ini:
    Arah Eksploratif

    Arah eksploratif berarti adalah pekerjaan riset yang dikerjakan dengan arah untuk temukan pengetahuan baru yang belumlah ada awalnya. Contohnya ialah riset yang selanjutnya temukan teori baru jika ekstrak mangga bisa turunkan kandungan cholesterol. Dimana awalnya tidak pernah ada teori dari riset yang mengatakan hal itu.
    Arah Verifikatif

    Arah verifikatif adalah pekerjaan riset yang dikerjakan dengan arah untuk mengetes atau menunjukkan kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada awalnya. Contohnya riset yang menunjukkan benarkah mentimun bisa turunkan tekanan darah manusia. Dimana awalnya sudah ada teori dari riset yang mengatakan hal itu.
    Arah Peningkatan

    Yang paling akhir ialah arah peningkatan, yang ini berarti pekerjaan riset yang dikerjakan dengan arah meningkatkan atau menggali lebih dalam dari pengetahuan atau riset yang telah ada awalnya. Contohnya mengenai riset mentimun yang bisa turunkan tekanan darah tinggi. Teori mengenai hal itu telah ada. Tetapi di sini periset meningkatkan riset yang mempunyai tujuan untuk memandang berapa besar atau efektifkah mentimun itu bisa turunkan tekanan darah manusia pada beberapa barisan usia.
    Riset Menurut Manfaatnya

    Sebelum kita mengerti lebih jauh mengenai apakah yang dimaksud dengan cara satu riset, sebaiknya kita dalami dahulu mengenai tipe riset berdasar manfaatnya seperti yang diulas berikut ini:
    Riset Murni

    Riset murni disebutkan dengan riset fundamen. Riset murni ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan teori serta tidak memerhatikan manfaat langsung berbentuk praktis.

    Menurut Jujun S. Suriasumantri (1985), mengatakan jika riset harga kamera canon murni atau riset fundamen adalah riset yang mempunyai tujuan untuk temukan pengetahuan baru yang awalnya tidak pernah didapati. Tipe riset ini tidak sama dengan riset terapan.
    Riset Terapan

    Menurut Jujun S. Suriasumantri (1985), jika riset terapan adalah riset yang mempunyai tujuan untuk pecahkan beberapa masalah kehidupan praktis.

    Riset terapan ini lebih berbentuk praktis serta aplikatif oleh sebab riset semacam ini berawal dari satu persoalan yang riil serta bukan persoalan yang berbentuk teoritis.
    Riset Tindakan

    Riset tindakan yang seringkali disebutkan dengan arti action research, mempunyai tujuan untuk mengakhiri permasalahan dengan lakukan rangkaian aksi yang spesial, yakni yang sudah lewat pelajari teoritis awalnya dengan riil agar selekasnya memperoleh jalan keluar yang paling baik untuk permasalahan dalam riset itu.
    Riset Kebijaksanaan

    Riset kebijaksanaan adalah riset yang mempunyai tujuan untuk memastikan satu kebijaksanaan berdasar data serta bukti yang berada di lapangan. Dari hasil riset ini berbentuk ketentuan, undang-undang, surat ketetapan, serta segalanya yang terkait atau berkekuatan hukum.
    Riset Pelajari

    Tipe riset berdasar manfaatnya yang paling akhir ialah Riset pelajari. Riset semacam ini mempunyai tujuan untuk memberi penilaian pada program khusus, pekerjaan dan kebijaksanaan yang diperuntukkan untuk mengintervensi warga.

    Demikian di atas sudah kita ulas mengenai beberapa jenis tipe riset berdasar manfaatnya. Setelah itu kita akan ulas mengenai cara riset. Jangan kemana saja dahulu ya teman dekat statististikian. baca terus serta ketahui artikel kami yang mudah-mudahan berguna ini!
    Pemahaman Cara Riset Menurut Beberapa Pakar

    Pemahaman cara riset menurut beberapa pakar yang pertama yakni menurut Nasir. Nasir menerangkan jika cara riset adalah langkah penting yang dipakai periset untuk sampai arah & memastikan jawaban atas permasalahan yang diserahkan.

    Pemahaman menurut beberapa pakar yang ke-2 yakni menurut Winarno. Winarno menerangkan jika cara riset ialah satu pekerjaan ilmiah yang dikerjakan dengan tehnik yg cermat & terstruktur.

    Pemahaman menurut beberapa pakar yang ke-3 yakni menurut Muhiddin Sirat. Muhiddin Sirat menerangkan jika cara riset adalah satu langkah pilih permasalahan & penetapan judul riset.

    Pemahaman cara dari riset menurut beberapa pakar yang ke empat yakni menurut Sugiyono. Sugiyono menerangkan jika cara satu riset ialah langkah ilmiah untuk memperoleh data dengan arah & manfaat khusus.

    Layanan Olah serta Analisa Statistik BSI

    Sesudah kita mengerti cara menurut beberapa pakar di atas, waktunya kita pelajari lebih jauh cara dari riset supaya kita bisa mengaplikasikannya dalam pekerjaan akhir kuliah serta pekerjaan setiap hari.
    Cara Riset
    Cara Riset

    Jadi periset, ada banyak hal yang perlu dipahami supaya anda bisa mengerti cara riset, diantaranya ontology, epistomology, metodologi riset, cara serta tehnik riset. Antara beberapa komponen itu, cara riset ialah elemen yang paling terlihat atau kelihatan saat anda lakukan riset. Sedang yang lain jadi penguat supaya anda sukses lakukan riset yang baik.

    Supaya anda tidak pusing terlebih dulu, coba ketahui dengan membaca serta meneliti beberapa elemen fundamen yang ada pada riset ini.
    Ontology

    Ontology ialah pengetahuan filsafat yang pelajari bagaimana anda jadi periset, bisa lihat dunia dengan sesuai kenyataan selanjutnya membuat asumsi-asumsi mengenai dunia itu hingga dapat membuat perbandingan pada karakter dunia serta seisinya selanjutnya ambil rangkuman.

    Jadi contoh, coba anda memikirkan dunia ini. Bagaimana dunia ini sebelum dibuat, selanjutnya dibuat, bagaimana keberadaannya, manusia serta makhluk yang lain di dalamnya sama-sama terkait. Selanjutnya anda berpikir jika manusia hidup di dunia ada di bumi. Manusia hidup sebab minum dan makan. Makanan mengambil sumber dari dari tumbuhan. Sedang tumbuhan bisa hidup serta tumbuh sebab terdapatnya tanah, air, udara serta matahari.

    Dari pengakuan di atas, kurang lebih pertanyaan apapun yang dapat ada dalam pikiran anda? Coba saya membantu untuk kumpulkan beberapa saja dari segudang pertanyaan yang dapat dibikin. Pertanyaan itu diantaranya:

    Bagaimana bumi dibuat?

    Bagaimana manusia dibuat?

    Kenapa manusia jadi penguasa di bumi?
    Kenapa dengan makan manusia dapat tumbuh dan bagaimana perjalanan makanan itu di pada tubuh manusia?
    Bagaimana tumbuhan memproses sumber nutrisi dari tanah hingga bisa tumbuh?

    Serta banyak segudang bertanya yang dapat kita bikin. Pertanyaan permasalahan itu yang dapat anda cermat. Jadi kesimpulannya, jadi periset anda harus mengerti mengenai ontology serta mengaplikasikannya. Bila anda menanyakan bagaimana cahaya matahari bisa menolong tumbuhan memproses sari pati tanah jadi bahan nutrisi yang dapat digunakan oleh manusia, karena itu anda harus menelitinya.
    Epistomology

    Epsitomology ialah pengetahuan yang pelajari bagaimana anda membuat beberapa langkah paling baik dalam rencana pelajari karakter dunia serta kenyataan. Berarti jika sesudah anda memiliki segudang bertanya pada kenyataan dunia, setelah itu anda akan menanyakan kembali, bagaimana langkah mempelajarinya.

    Saya mengambil contoh pada pertanyaan dalam bahasan ontology yang sudah diulas di atas, yakni: bagaimana cahaya matahari bisa menolong tumbuhan memproses sari pati tanah jadi bahan nutrisi yang dapat digunakan manusia.

    Karena itu setelah itu anda akan pilih langkah yang paling baik supaya anda bisa temukan jawaban pada pertanyaan itu. Contohnya anda akan coba lihat apa sebetulnya yang diserap dari sari pati tanah oleh tumbuhan. Bagaimana tahu. Setelah itu sesudah didapati, bagaimana bisa tahu jika cahaya matahari bertindak dalam proses perkembangan sari pati tanah jadi nutrisi yang bermanfaat untuk manusia serta binatang. Bagaimana triknya? Itu yang disebut dengan epistomology.

    Jadi periset anda harus mengerti serta memakai ontology dan epistomology sebelum anda meneruskan ke step selanjutnya, yakni dengan mengerti serta mengaplikasikan metodologi riset.
    Metodologi Riset

    Metodologi riset ialah bagaimana anda jadi periset atau anda jadi sisi dari team riset, berusaha untuk membuat deskripsi dengan mendalam bagaimana langkah menjawab pertanyaan riset. Untuk lebih detilnya mengenai metodologi riset, telah kami ulas dalam artikel: Metodologi Riset. Penting buat anda untuk membaca artikel itu yang mana dalam artikel itu tunjukkan jika cara riset ialah tidak sama dengan metodologi riset.
    Cara Riset

    Sesudah anda mengerti semua yang kita ulas di atas, waktunya anda masuk ketahap mengerti cara mengenai riset. Seperti yang telah di ulas di paling dahulu, jika cara riset ialah tingkatan untuk kumpulkan data selanjutnya lakukan penyelidikan pada data itu.

    Bila kita masuk dalam step ini, karena itu anda akan menjawab beberapa pertanyaan: Bagaimana data akan diambil? Sumber data darimanakah? Siapa yang akan ambil data? Dimana dan kapan? Kriterianya bagaimana? Jika telah didapatkan datanya, setelah itu bagaimana tingkatan mengolahnya supaya bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan? Memakai apa mengolahnya? Setelah itu bagaimana langkah analisisnya? Memakai apa? Bagaimana memutuskan pada hasil analisa itu?

    Itu jawaban yang perlu anda mencari dengan mengerti mengenai cara riset serta tehnik pengumpulan data, pemrosesan data dan analisa data sampai pengetahuan statistik. Tidak gampang memang, oleh karenanya jangan tergesa-gesa atau terburu-buru.

    Anda sebaiknya jadi periset atau mahasiswa yang sedang dalam step pengerjaan pekerjaan akhir riset seperti skripsi, tesis atau disertasi, pelajari semua pertanyaan di atas dengan berurutan serta dengan hirarki. Anda sebaiknya banyak membaca, yang mana diantaranya ialah membaca artikel kami: statistikian. Web yang sediakan panduan, rujukan, referensi tulisan, dan diskusi sekitar riset serta pengetahuan statistik atau cara-cara statistik yang lain.

    Simak juga: Variabel Riset.

    Apa anda ingin mengerti lebih jauh mengenai cara dari riset? Baca setelah itu berikut ini ya!
    Tipe Cara Riset

    Bila anda telah masuk ke step cara riset, karena itu anda akan hadapi 2 hal yang penting, yakni apa anda akan lakukan riset kualitatif atau riset kuantitatif. Silakan baca artikel kami yang berjudul: Riset kualitatif serta riset kuantitatif itu.
    Macam-Macam Cara Riset

    Cara dari riset Menurut Suryabrata (1983), cara riset berdasar sifat-sifat permasalahannya bisa diklasifikasikan diantaranya:
    Cara Riset Historis

    Riset historis mempunyai tujuan untuk membuat rekonstruksi pada waktu lampau dengan sistematis serta obyektif.
    Cara Riset Deskriptif

    Riset Deskriptif adalah cara yang mempunyai tujuan untuk bikin gambaran dengan sistematis, faktual, dan tepat pada bukti serta karakter populasi atau wilayah khusus.
    Cara Riset Perubahan

    Riset Perubahan adalah cara yang mempunyai tujuan adalah untuk menyelidik pola-pola serta posisi perkembangan serta atau perkembangan jadi peranan waktu.
    Cara Riset Masalah

    Cara Riset masalah atau Lapangan adalah satu cara yang mempunyai tujuan untuk pelajari dengan intens mengenai latar kondisi saat ini dan hubungan lingkungan satu objek.
    Cara Riset Korelasional

    Cara Riset Korelasional adalah satu cara yang mempunyai tujuan untuk membahas tingkat keterikatan di antara macam satu unsur dengan macam unsur lain berdasar koefisien korelasi
    Cara Riset Eksperimental

    Riset True Eksperimental atau uji coba sungguhan adalah satu cara yang mempunyai tujuan untuk menyelidik terdapatnya peluang jalinan karena karena dengan lakukan kontrol atau kendali.
    Cara Riset Quasi Eksperimental semu

    Riset Quasi Eksperimental atau uji coba semu adalah satu cara yang memiliki arah untuk membahas peluang jalinan karena karena dalam kondisi yang tidak sangat mungkin ada kontrol atau kendali, tapi dapat didapat info alternatif buat kondisi dengan pengaturan.
    Cara Riset Kausal komparatif

    Kausal-komparatif adalah cara yang mempunyai tujuan untuk menyelidik peluang jalinan karena karena, tapi tidak dengan uji coba tetapi dikerjakan dengan penilaian pada data dari unsur yang disangka jadi pemicu jadi pembanding.
    Cara Riset Aksi

    Riset Aksi mempunyai tujuan untuk meningkatkan ketrampilan baru atau pendekatan baru serta diaplikasikan langsung dan ditelaah hasilnya.

    Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna buat beberapa pembaca semua id rumah. Demikian sudah kami terangkan sedikit mengenai cara dari riset. Silakan anda bangun artikel ini serta coba aplikasikan dalam pekerjaan akhir perkuliahan anda. Mudah-mudahan sukses dengan riset anda.

    Arah pengerjaan artikel ini ialah supaya kami dapat memberi jawaban buat beberapa periset yang perlu artikel referensi untuk pengerjaan pekerjaan pada akhirnya, baik itu skrispi, tesis atau disertasi. Mudah-mudahan sesudah buka web kami ini serta membaca artikel yang kami harap berguna ini, rekan-rekan semua bisa mengakhiri pekerjaan pada akhirnya.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.